di update kali ini
udah terbilang lumayan lama aku tulis
tapi blom di post aja
aku lagi sibuk bikin crita masa SMA ku hehhee
klo mau liat buleh menuju tekape di sini
Ijoe
hehehe promosiii
okeh langsung ajaa ya
sbenernya aku nulis ini karena aku sakit hati.
kemaren aku
dikatain "kepo" gara gara nanya nanya buat basa basi (sialan lu mah!!!)
hahaha...tapi
berhubung aku orangnya ga pesimis,
jadinya aku semangat buat
bikin research mengenai "kepo" dan basa basi
tapi sebelum
itu mari kita cek dolo krnologi tragedinya yak
A: apa kabar??
B:
sehat
A: uda makan?
B: Kepo lu yah -_____-"
A: Sialan
ni anak, dasar beruang kutub lu...(heee iyaa iyaa ga mungkin aku
ngomong gitu ama lu mah)
nah, dari kasus diatas ada 2 hal
yg bikin aku sakit hati
jang pertama, aku ga ngerti apa itu "kepo"
(ga gaul bgt aku yak, hadehhh)
jang kedua, diliat dari konteksnya
ni anak ngatain aku, padahal aku kan cuma basa basi, GRRRRR....
sejjak
saat itu ane ngadain penelitian kecil tentang apa itu "kepo" dan apa
itu basa basi (Dendam Kusumat ni)
oke, langsung ke bab 4,
berdasarkan informasi dari BIBAS (badan Intelejen Bahasa Alay Se
Sumatra)
"kepo" adalah banyak nanya, mau tau aja, usil, dkk.
lalu
apa bedanya sama basa basi??
nah basa basi itu dalah prologue
pembicaraan, pertanyaan2 ga penting sebagai pembuka pembicaraan
balik
maning nang kaaa sus... diatas
pertanyaan pembuka alias basa
basi yg aku buat itu ternyata bener bener basi, kadaluarsa
pertanyaan
anak SMP yg lagi PDKT sama anak kelas sebelah dijalan pullang menuju
rumah
pake nanya uda makan kah, uda mandikah, uda solatkah, uda
bokerkah...dan satu2nya orang yang kegirangan di tanyain gitu adalah
ABG
boneng yg ga pernah diperhatikan sama alam sekitarnya
so
salah siapa?? (iyee salah aku, puas lu pada heh...)
tapi
jgn sepenuhnya salahin ane donk
berdasarkan pantauan ane, hal itu
adalah bawaan orang indonseia
bwaan orok, sudah mendarah daging..
coba
bayangin kalo ente ketemu temen lama
pasti yang sering ditanya
adalah
"ehh mau kemana?"
ya kannn...
dan apakah itu
"Kepo"
bukan sodara sodara, itu adalah basa basi yang intinya mau
bilang
"hai apa kabar? aku yakin ente lagi sibuk, aku juga nih,
tapi dari pada sombong basa basi aja deh, mau kemana??"
nahhh.
itu juga yang aku lakuin waktu itu
intinya aku mau bilang
"
hoi, cmna kabarmu? aku kangen ngobrol sama kamu, tapi masih bingung nih
mau ngomongin apa,
jadi tanya dulu deh, uda makan?"
ehhh
malah dijawab "kepo lu ya?"
spontan itu bikin aku
ilfill, bercampur bingung (maklum blom ngeti apa itu kepo)
bagaikan
terbang bersama biawak banci, dan tercebur kedalam kolam urine buaya
maho..ini masalah besar, bisa2 aku di bilang kepo klo tiap kali jumpa
orang lain.
jadi berikut tips untuk memulai dan menanggapi
pembicaraan menurut ane
1. Bicara Layaknya Kolega
jgn
tnyakan hal hal pribadi, tanyakan saja gimna cuaca hari ini, apa kabar?
ato bicara tentang fenomena dalam area pembicaraan. jangan kejadian
seperti dibawah ini
waktu itu aku tes ngomong sama turis
A:
hello
B: hello
A: where'd you go?
B: Not your
business
A: (wadefakk)
salah siape? salah ane..
orang
amerika tuh ga suka dicampuri urusan pribadinya
jadi jangan bawa2
perangai indo anda sama mereka
begitu juga dengan
fenomena "kepo"
pemuda indo mulai meniru mereka
mereka ga
ingin dicampuri urusan pribadinya
mau uda makan kek, mau udah
mandi kek, mau uda boker kek
plesae deh jgn "kepo" wkakka..
2.
Hargailah Lawan Bicara Anda
seseorang yg bilangin kepo,
sama orang lain, padahal dia cuma basa basi itu jahat (pengalaman
pribadi *plakkkk)
kenapa jahat, klo kasarnya percakapan awal tadi
(jawaban si Imah) bilangin gini
"ga usah banyak nanya deh, bukan
urusanmu."
kenapa gitu??
ni aku kasi analoginya
seseorang
buat status misalnya
"ohh jeleknya wujud upil ku galau deh
jadinya"
(ini status alay siapa sih -_____-")
trus ane komen
"problem?
ada yang nannya??"
ga enak kan, jadi mati kutu yg punya status
tapi
coba komennya gini
"Trus masalah buat gue??salah temen2 gue? wkakakak"
perhatikan
komen yang ini
kata "wkakakak" adalah pengobat cacian bagi si
empunya status
seakan bilang sama dia
"sorry, aku becanda,
ente tau kan ane humoris, so ini candaku mana canda mu"
maka sang
pemilik status pun membalas dengan komen alay lainnya
(crita di
atas analogi, ga pernah kejadian, benerr aku bukan alay woi!!!)
intinya
mencaci itu boleh, tapi selingi dengan canda
jgn sampai orang
jadi sekait hati karena tidak sengaja
"ingat bila ingin jadi orang
berharga, maka pertama tama hargailah orang lain seGaring apapun dia"
itu
tanda orang bijaksana..
nb: mah aku ga marah loh, ga
sakit hati juga, bagiku ini fenomena, membuatku berfikir tentang hikmah
dari tragedi "kepo" so, thanks buat caciannya bener2 bikin aku
terinspirasi, wakakkaa...
mari ber Happy ending
be
Wise and Inspirational :D
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Aku juga bukan kepo ^^
saya juga..
anyway
komen yg ilang apaan tuh ky?
komen yg ilang?
apa ada ya?
haha.. lupa :D
keren3x
Kepo!!!