Warung Bebas

6/11/2014

Cara Mudah Mengahfal 16 Tenses Bahasa Inggris

persoaalan yang sering muncul bagi pelajar dalam menghadapi pelajaran bahasa inggis adalah sulitnya menghafal ke 16 tenses dalam bahasa inggris. Saya sendiri dulu pada waktu masih sekolah tidak pernah sama sekali ingat ke 16 tenses tersebut. Sampai pada akhirnya negara api menyerang, ehh bukan sampai pada akhirnya saya kini berprofesi sebagai seorang guru bahsa inggris. pada saat ini saya selalu mencoba memberikan teknik pembelajaran yang fun dalam pengajaran saya. makanya saya juga mencoba teori saya sendiri untuk bisa mengerti dengan mudah ke 16 tenses tersebut.





oke langsung aja yaa
please take a look to this picture
(lihat gambar berikut ini) 


nah kamu lihat disitu tenses pada awalnya hanya 4 macam, yaitu
- past
- present
- future
- future perfect

kalo 4 saja mungkin mudah menghafalnya ya, tapi kalo ada 16 wahh bisa rempong neekk...

caranya gampang, 

ertama buatlah tabel terdiri dari 4 kolom dan 4 baris.

1. Simple
4 kolom di atas isikan past, present, future, dan past future
seperti gambar diatas. 

nah jadi begini ceritanya, setiap benda yang dibuatkan oleh manusia di awali dengan benda benda yang simpel. contoh perahu, kalau seorang pembuat perahu handal pasti awalnya dia membuat perahu yang simpel dulu. ga mungkin langsung jago bikinnya. Begitu juga lah ddengan tenses. semua tenses awalnya simpel dulu. itulah dia simple past, simple present, simple future, dan simple past future

2. Continuous
Di baris kedua, beri tambahan continuous pada setiap kolom. 

kenapa begitu, jadi ceritanya begini, apabila kamu ingin mahir sesuatu termasuk bahasa inggris, maka kamu harus melakukan suatu hal tersebut berkali kali, atau secara kontinyu. begitulah yang kamu tanamkan dalam pikiranmu sehingga kamu mengisi semua kolom dengan, past continuous, present continuous, future continuous, dan past future continuous.

3. Perfect
di baris ketiga, ganti kata continuous dengan perfect

setelah kamu melakukan sesuatu secara kontinyu, maka akhirnya kamu dapat melakukannya dengan perfect. contoh si pembuat kapal tadi karena sudah terus menerus melakukan hal yang sama, maka dia dapat memproduksi kapal yang perfect. begitu juga dengan tenses, letakkan perfect di baris ketiga setelah continuous. jadinya
past perfect, present perfect, future perfect, past future perfect

4. Perfect continuous
di baris terakhir berikan gabungan dari dua variabel sebelumnya. gampang kamu hanya perlu menggabungkan antara continuous dan perfect.

untuk rumusnya kamu bisa lihat di tabel di atas, atau nanti saya akan jelaskan lagi di post berikutnya

semoga bermanfaat.



1 comments:

  • 4/20/2015 8:17 PM
    Unknown Disse:

    dahsyat.. maksih banyak informasinya akhirnya menemukan juga cara mudah mengahfal bahsa inggris.. sekali lagi terimaksih banyak pak..

    delete

Post a Comment

 

Catatan Seorang Guru Gokil Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger