Warung Bebas

11/09/2012

Bad Teachers (Goodbye my city)


Bad Teachers

Masa depan adalah misteri, itu kata master oongway dalam film Kungfu Panda. Kamu ga akan pernah tahu apa yang terjadi di masa depan, bisa aja hari ini kamu sedang memandangi tulisan ga genah di layar komputermu itu, sesaat kemudian kamu sudah berada di depan komputermu memandangi tulisan ga genah ini. oke itu sama aja. tapi yang jelas masa depan memang ga pernah bisa di tebak secara gamblang, di prediksi sih bisa, contohnya klo kamu belajar kamu akan ngantuk, kalo kamu abis poop terus ga cuci tangan maka kamu akan pingsan seketika kalo tangan kamu dideketin ke hidung #ngaco 


Begitu juga dengan hidup gue yang tinggal di Medan sebagai sarjana muda yang tampan err maksud gue jobless. Pada masa itu bener bener ga terprediksikan. Dalam bayangan gue pada saat gue wisuda sederhana aja. gue dapet kerjaan bagus dengan gaji 10 jutaan ketemu istri cantik, punya 2 anak, yang satu bisa main bola dan yang atu lagi jago main biola, sederhana :) .Tetapi tuhan berkata lain, gue memulai karir gue sebagai joobseker untuk waktu yang lumayan, sekitar 3 bulan. pada saat itu gue coba lempar 100 lamaran lebih. dan gue gagal dengan sukses, ga ada satupun yang manggil gue buat interview pffttt.  

Berangkat dari kegagalan itu gue mencoba kerjaan yang levelnya lebih mudah, yaitu markting sepeda motor. Kerjaan yang satu ini random banget dan ini bener bener ngetes mental sarjana gue. Bayangin aja, udah dibayangin?? belom, okesip. Bayangin gue biasa presentasi di depan kelas dengan penuh kerapian, sekarang gue harus turun ke jalan bagi-bagi brosur sepeda motor, kadang ke pasar tradisional, kadang di lampu merah, dan gue mempraktekkan ilmu pshycholinguistics gue sama ibu ibu penjual sayur di pasar, dengan harapan dia bakal beli motor lewat gue. Dan hasilnya ibu ibu tersebut menjadi seorang psikopat. Belom lagi kalo waktu di lampu merah gue ketemu sama temen temen yang udah sukses kerja di sebuah perusahaan, rasanya gue pengin amnesia jadi pas mereka nyapa, gue pura-pura ga kenal. 

"ehh ubit.."
"emm siapa ya, mas mau beli motor?"
"ahh masa lu ga kenal aku bit? ini donny pacarnya mantan kamu"
"mantan yang mana (panik, malu, desperate)
"si tukinem  (let's say her name is tukinem, sumpah gue ga pernah pacaran sama yg namanya tukinem) yang satu sekolah SMA sama kamu.
"ehh iya kah tpi aku ga kenal kamu"
"masa ga kanal kita kan temen waktu TK, kamu ubit yang pernah poop di celana itu kan"
"..."

Kemudian gue naik ke atas tiang sutet sambil nyilet nyilet tangan. Hatiku remuk, muke gue tebel abis, bisa rasain gimana hancurnya hatiku pada saat itu. Rasa dimana cuma mau cari sesuap nasi, dan segenggam mas kawin buat calon bini gue yang belom tau ntah siapa, tapi cobaan kemaluan (jgn mikir jorok ya) yang gue hadapi sangat berat. Yang bisa dilakukan pada saat itu adalah tawakal, sabar. Gue inget kata mario teguh, one day you'll become someone, so you don't have to worry what you are now young boy, prepare yourself from now. Gue yakin dengan usaha mencari kenalan agar relasi bertambah banyak, suatu hari gue akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Tiba saatnya suatu hari saat gue hampir genap 3 bulan menjadi marketing gadungan, dan akan diangkat menjadi marketing tetap, dan tentunya gaji tetap juga segitu, 400 rebu sebulan, datanglah sebuah kabar gembira dari jauh. tepatnya dari adik kelas gue yang pin bb nya sengaja gue add siapa tau ada kerjaan yang bisa di kasih sama gue. 

"bang ubit"
"yoo apa ben (namanya beni)
"mau kerjaan nggak?"
"ya mau lah, kerjaan apaan" 
" ngajar bang, tapi di kupang"
"wah mau ben mau, trus gimana kalo mau"
"tar ya bang ni aku kasi pin abg sama kak sintia"

Pada saat itu gue ga tau Kupang itu dimana, mau itu di mana kek, gue ga peduli dan FYI kak sintia adalah senioran kita waktu di kampus, Setelah nego gaji dan yang pasti bukan 400 rebu perbulan, gue oke-in buat terbang ke Kupang awal bulan okeober 2012. Ternyata waktu gue buka peta, Kupang itu jauh banget di NTT, dekat sama pulau flores dan komodo, wah jangan-jangan gue disuruh jadi pawang komodo. atau saat gue ngajar, kerjaan sampingan gue jadi makanan komodo. 

Tapi ga apa-apa karena gue tahu dengan usaha pasti ada jalan, sebelum berangkat gue berjanji sama temen temen ga akan kembali pulang sebelum jadi orang sukses. yaiyalah, kalo ga sukses gimana caranya gue pulang, tiket ke kupang itu harganya 2.500.000 waktu itu. ga mungkin gue pulang kalo beli tiket aja ga sanggup. And at least ga akan ada yang ejekin lagi kayak saat lagi brosur di lampu merah, ga akan ketemu sama pacar mantan gue, berikut dengan mantan gue yang acting sok mesra di depan gue, dan yang terpenting, warga kupang ga pernah tau kalo waktu TK gue pernah BOKER DI CELANA #uppss #KemudianNyilet-nyiletTangan

Yesterday is a history, future is mistery, today is a gift, that's why its name is "present" 
(master oongway, kungfu panda)

2 comments em “Bad Teachers (Goodbye my city)”

  • 11/16/2013 5:32 AM

    makasih share nya

    delete
  • 4/24/2014 7:19 AM
    karir aceh Disse:

    tq sudah berbagi berpengalaman

    delete

Post a Comment

 

Catatan Seorang Guru Gokil Copyright © 2012 Fast Loading -- Powered by Blogger